Jumat, 01 Agustus 2014

Review: Magicite "Everything is Unpredictable"


Magicite merupakan game platformer RPG yang menjadikan Procedurally Generated World sebagai fitur utama dimana segala isi didalam game tersebut tidak bisa diprediksi dengan pasti. Anda akan menghadapi segala sesuatu yang berada diluar dugaan.

Tidak hanya Procedurally Generated World, Survival dan Perma-Death juga akan kamu temui dalam game ini. Terdengar seru? Memang, game ini sangatlah cocok buatmu yang bosen dengan game yang gak punya replayabillity sama sekali.


Bercerita tentang dunia luar yang diinvasi oleh kegelapan. Manusia yang berhasil bertahan hidup dari serangan berlindung dibawah tanah dan menciptakan dunia baru dengan kekuatan yang mereka temuka, Magicite.

Kamu akan menghadapi 20 district dalam sekali permainan. Selama perjalanan, kamu dituntut untuk bertahan hidup dengan cara leveling, menghindari traps, looting chest yang berisi material atau senjata unik, mengumpulkan resource, crafting tools, makan, dan membunuh para monster yang berkeliaran. Di dalam game tidak terdapat tutorial sama sekali. Jadi, kamu terpaksa harus mengenal dan mempelajari setiap elemen yang terdapat dalam game. Dan juga jangan terlalu lama dalam satu district, atau kamu akan mendapatkan kematian yang mengenaskan.

Setiap district mempunyai biome yang berbeda. Dan setiap biome mempunyai lingkungannya sendiri. Kamu akan menemukan jenis trap, mini-boss, dan monster yang berbeda tiap biome. Masing-masing trap dan monster memiliki pola kerjanya sendiri. Setiap menyelesaikan satu district, kamu akan menemukan district yang dimana isinya adalah sebuah pedesaan. Disana kamu bisa berinteraksi dengan para NPC, mengcrafting armor, menjual material, dan beristirahat.


Gathering resource bisa kamu lakukan dari menebang pohon disekitar, mining ore, sampai membunuh hewan-hewan untuk diambil hasilnya. Setiap proses gathering juga membutuhkan toolsnya masing-masing. Seperti axe untuk chopping, pickaxe untuk mining ore, dan net untuk menangkap bug. Maka dari itu kita perlu untuk mengcraft bahan-bahan yang kita peroleh untuk dijadikan tools. Sistem crafting sangatlah sederhana, cukup menggabungkan dua material dan jadilah. Ada berbagai macam jenis barang yang bisa dicraft, namun sayangnya variasinya sedikit. Tiap tools yang telah di craft mempunyai durability, dimana setiap penggunaan akan menambah 'masa habis' dari tools tersebut. Hasil gathering resource akan kamu simpan ke dalam inventory yang sangat minim. Jadi kamu harus bisa memanajemen isi dari inventorymu.

Sistem combat dalam Magicite juga sederhana. Tidak ada tombol-tombol khusus untuk menciptakan kombo. Karena kamu cukup menggunakan klik kiri untuk memukul. Namun ada beberapa senjata yang perlu klik kanan agar bekerja sesuai fungsinya seperti magic wand dan bow. Sistem combat juga didukung oleh skill. Tiap naik 5 level kamu akan mendapatkan satu skill dan sejauh perjalanan kamu hanya bisa mendapat dan menggunakan tiga skill.


Game ini juga mengusung fitur kustomisasi karakter. Ada berbagai macam races, helm, companion, dan variant yang bisa digunakan oleh karaktermu. Masing-masing Races memiliki tiga variants, stats tambahan, dan starting item yang berbeda. Juga setiap helm dan companion juga mempunyai kekuatannya masing-masing yang dapat mempengaruhi kekuatan serta gaya bermain. Namun tidaklah mudah untuk mendapatkan semua itu, karena untuk mendapatkannya kamu harus memenuhi suatu syarat berpeluang yang membuatmu menghabiskan waktu di dalam game ini selama mungkin.

Tidak lupa dengan sistem Stats dan Traits yang menjadi salah satu dari elemen kustomisasi karakter. Stats berpengaruh terhadap kekuatanmu dan penggunaan senjata tertentu. Sword dan Great Axe membutuhkan ATK yang kuat, sedangkan Bow memerlukan DEX yang tinggi, serta Magic Wand membutuhkan MAG yang cukup untuk casting spell. Traits berpengaruh dalam keuninkan karaktermu. Ada berbagai macam Traits yang bisa digunakan seperti 'Potion Brewer' yang akan membantumu memperoleh Big Potion walau mengcraftingnya dengan bahan dasar dan juga 'Gatherer' yang menambah peluangmu untuk mendapatkan material Herb dan Mushroom. Sayangnya, kamu tidak bisa mengatur Stats dan Traits yang kamu inginkan, karena dalam Magicite kamu akan memperolehnya secara acak. Karena adanya fitur Perma-Death dalam game, kamu tidak bisa menggunakan karakter yang kamu gunakan sebelumnya di permainan baru dan kamu akan membuat ulang karakter lain.


Apa yang telah kamu lakukan selama permainan akan tercatat didalam Logbook. Dimana Logbook tersebut berisi skor yang kamu peroleh, berapa kali kamu menebang pohon, berapa banyak kamu menciptakan karakter dsb. Anehnya mereka tidak menerapkan Leaderboard dalam permainan, walau di dalam game terdapat sistem skor.

Bosan bermain Solo? Ajak temanmu untuk bertahan hidup bersama! Ya, game ini juga menyediakan fitur Multiplayer yang dimana kita bisa bermain dengan dua sampai empat orang. Kamu bisa saling berbagi senjata, material, dan bekerjasama mengalahkan monster besama-sama. Sayangnya sistem networking dalam game ini menggunakan sistem peer-to-peer sehingga terasa lag saat bermain berjauhan.

Everything is Unpredictable


Kamu tak akan menemukan sensasi yang sama untuk kedua kalinya dalam game ini. Segalanya benar-benar acak dan tidak terprediksi. Belum tentu kamu akan menemukan mini-boss dalam satu district, belum tentu juga kamu akan menemukan Obsidian Blade yang merupakan salah satu senjata unik dalam game, dan belum tentu juga kamu akan hidup sampai district terakhir! Bahkan dalam satu permainan kita akan mendapatkan set skill yang berbeda dari permainan sebelumnya Wow banyak sekali kemungkinan yang akan terjadi dalam game ini, sehingga membuat tingkat kesulitan dalam game ini sangat terasa.


Final Words


Game yang benar-benar saya rekomendasikan untuk dimainkan. Seru, tak terduga, dan mengundang emosi! Anda akan dibawa berjam-jam untuk bertahan hidup dibawah tanah bersama teman atau sendirian.

What I Love
  • Endless Replayability
  • Elemen survival yang unik
  • Visualisasi yang enak dipandang
  • Helmets, Races, Companions, dan Traits yang memeliki keunikan masing-masing
  • Sistem combat dan crafting yang sederhana
  • Multiplayer

What I Don't Like
  • Beberapa bug yang mengganggu
  • Tingkat kesusahan terkadang serasa impossible
  • Sistem skor tanpa Leaderboards
  • Sedikitnya variasi senjata dan skill
  • Peer-to-peer Multiplayer
  • Stats dan Traits yang tak bisa diatur sendiri

Should You Play This? YES! Beli disini, seharga $9.99