Senin, 08 September 2014

My Thought On: New Currency on Steam "IDR Yeay!"


"Kabar gembira untuk Steam User ID, Steam bakal support currency Rupiah" adalah larik lagu yang cocok dinyanyikan ketika membaca artikel ini (tapi jangan sampai bayangin M*stin). Seperti yang dilansir beberapa situs gaming news bahwa Steam akan mendukung duabelas mata uang di dunia. Antara lain; Australia, Canada, Indonesia, Japan, New Zealand, Malaysia, Mexico, the Philippines, Singapore, Norway, Thailand dan Ukraina.

Wow. Indonesia? Benarkah? Yeeeepeeee!!! Hal yang menarik bukan, pembaca? Mengapa demikian?



Sebagai buyer, hal yang paling menyenangkan dari dukungan Steam ini ialah kita tak perlu capek-capek mengeluarkan kalkulator untuk menghitung berapa banyak biaya yang akan diberi kepada Seller. Karena dukungan tersebut, para buyer akan mendapatkan harga yang pas dan tidak adanya 'pembulatan angka'.

Tapi, bagaimana dengan seller sendiri? Apakah karena dengan adanya dukungan ini pemasukan jadi berkurang? Menurut pengamatan penulis sendiri sih, karena adanya dukungan ini sistem 'Rate' bakal menghilang dan kedepannya seller bakan menerapkan sistem pajak atas jasa mereka. Tapi, entahlah apakah itu berpengaruh atau tidak.

Penulis sempat mewawancarai beberapa gamer dan seller mengenai pendapat mereka tentang kehadiran mata uang terbaru di Steam. Bisa disimak dibawah.

#Seller1

FisherCS: kalau misalnya IDR udah jadi currency di Steam
FisherCS: kamu bakal pake harga mana?
Seller: Indo. Dan sepertinya 40% berhenti jualan. Kalau diterapin sistem pajak pasti tambah bersaing sama seller lain, bisa-bisa cuma dapet 1rb-5rb. Mau makan pake apaa. Overall, good for customers,bad for seller.

#Gamer1

FisherCS: menurutmu Currency IDR di Steam nanti merupakan hal yang bagus gak?
Gamer: menurutku sih iya. Jadi ngerti orang ambil untung berapa.

#Seller2 

FisherCS: mau nanya dikit nih soal pendapat mengenai hal ringan untuk keperluan penulisan artikel di blog pribadi saya hehe Topiknya soal mata uang Indonesia yang akan didukung oleh Steam. Kira-kira nanti pake harga Rupiah yang ditetapkan atau yang lain? Dan kira-kira dukungan tersebut memengaruhi terhadap pendapatan tidak?
Seller: Ada estimasi kita mungkin tidak terkena dampak lebih besar lagi karena harga IDR yang akan ditetapkan oleh pihak Valve tidak akan berbeda jauh dengan harga USD yang sekarang ada. Dari hal tersebut kemungkinan kita masih ada kemampuan untuk memberikan offer terbaik bagi para gamers di Indonesia untuk beberapa title yang ditawarkan oleh Steam. Yang pastinya, kita akan mengusahakan untuk selalu memberikan yang terbaik untuk para Dedicated Gamers tentu saja dari harga.

#Gamer2
FisherCS: menurutmu Currency IDR Steam nanti merupakan hal yang bagus gak?
Gamer: bagus lah, ga perlu estimasi lagi.

Demikianlah wawancara singkat penulis dengan beberapa orang. Bagaimanapun pendapat mereka, hal ini tetaplah menjadi hal yang baik bagi Steam User IDN. Rencananya dukungan ini akan muncul pertengahan September.


2 komentar:

  1. Misi min, ane kutip ke kaskus boleh ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa taruh sumbernya ya :)

      Hapus