Senin, 17 November 2014

Review: Organ Trail Director's Cut "Survival Sensasi Old-school!"


Ada masa dimana Zombie Apocalypse akan berlangsung, keadaan yang akan menuntutmu untuk bertahan hidup dan mencari tempat perlindungan agar terhindar dari serangan para zombie. Bersama keempat temanmu, dari Washington D.C. menuju Safe Haven dan hanya berbekal satu buah mobil, kamu harus hidup dan bertahan hidup dalam Organ Trail Director's Cut.


Organ Trail Director's Cut Edition merupakan game survival retro yang memparodikan game Oregon Trail (Ox and Wagon, did you remember?). Awalnya game ini merupakan sebuah game gratis berbasis Flash dimana kamu bisa memainkannya melalui browser. Lalu kemudian The Men Who Wear Many Hats, sang developer sekaligus publisher dari game ini, membuat 'expanded' version dari game ini dengan embel-embel 'Director's Cut' yang bisa kamu temukan di Steam.

Sederhana tapi Seru



Di game ini kamu akan menjadi seorang survivor sekaligus party leader dari keempat temanmu (bukan coop lho) yang harus menuju ke suatu tempat aman dari zombie bernama Safe Haven dengan sebuah mobil tua. Selama perjalanan kamu harus bertahan dari zombie serta menghadapi berbagai pilihan hidup yang konsekuensinya macam-macam, mulai dari yang merugikan sampai yang menguntungkan.

Sistem bertahan hidup dalam game ini tak sekompleks dan serumit game survival lainnya yang mengharuskan kamu untuk crafting, membangun tempat perlindungan, membuat kawan, dan lain-lain. Cukup tiga aspek mendasar saja yang kamu butuhkan dalam bermain game survival yang satu ini, yakni manajemen resource, pengambilan keputusan, dan kecepatan tangan. Untuk tingkat kesusahannya sendiri tergantung dengan difficult yang kita pilih. Ada empat pilihan dari Easy hingga Nightmare.


Sebagai party leader, kamu akan dituntut untuk bisa mengatur pengeluaran resource yang dibutuhkan agar tidak cepat kehabisan. Mulai dari pasokan makan, ammo, medikit, uang, hingga baterai untuk keperluan mobilmu. Apabila kamu kehabisan resource, maka akan ada beberapa pilihan yang harus kamu tempuh; menjual resource lain untuk mendapatkan apa yang kamu butuhkan, trading dengan orang asing, atau scavenging.


Tidak hanya manajemen saja, kamu juga dituntut untuk menjadi pengambil keputusan terbaik disini. Selama perjalanan kamu akan berhadapan dengan pilihan-pilihan yang tak terduga, entah itu membunuh temanmu atau orang asing, entah itu pilihan dalam trading resource, membunuh temanmu yang terkena infeksi, bahkan dalam situasi tak terduga kamu harus memilih untuk trade temanmu dengan resource atau menyelamatkannya! Setiap pilihan juga datang dengan konsekuensinya.


Kurang beruntung dalam trading? Tidak punya cukup resource untuk menjual dan membeli apa yang kamu butuhkan? Kamu bisa mengandalkan kelihaian tanganmu dalam scavenging resource. Dalam scavenging kamu harus bertahan hidup selama beberapa waktu dan mengumpulkan resource sekaligus membunuh zombie-zombie yang mengincar dagingmu. Kontrol dalam scavenging ini default WSAD untuk bergerak dan mouse untuk menembak. Kontrol menembak yang kamu bayangkan mungkin seperti Alien Shooter. Namun disini, kontrol menembak akan mengingatkanmu kepada kontrol dalam game Billiard, rada susah sih dan terkadang agak buggy. Oh ya, jangan lupa untuk selalu memantau ammomu serta activity zombie. Jangan sampai ammomu tinggal sepuluh dan activitynya 'Deadly', bayangkan saja seberapa cepat kamu akan mati. Apabila kamu mati, maka permainan berakhir. Sayangnya tak ada yang bisa menggantikanmu untuk menjadi party leader dan melanjutkan perjalanan.


Di dalam game ini juga disediakan sistem upgrade mobil dan survivormu. Kamu bisa menemukan upgrade tersebut atau membelinya melalui toko. Ada berbagai macam upgrade yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi resiko game over dalam game ini. Namun sayangnya penggunaan upgrade ada batasnya.

Tidak lupa dengan randomness dalam game ini. Kamu akan bertemu dengan event-event tak terduga yang mungkin akan menghambat dan merusak perjalananmu. Salah satu contohnya adalah perubahan cuaca yang tak menentu. Bila kamu tak punya upgrade khusus, maka perjalananmu akan sedikit lebih lambat. Saat scavenging juga ada kemungkinan kamu akan melawan boss yang siap memangsamu lebih cepat dari zombie biasa. Juga, mungkin dalam perjalanan tiba-tiba kamu dikepung oleh para zombie dan mengharuskanmu untuk menghabisi mereka sebelum melanjutkan perjalanan.


Bosan dengan Campaign kamu juga bisa mencoba Endless Mode atau hunting achievement atau be the number 1 on Leaderboards karena game ini mengusung sistem skor yang bisa menjadi bahan adu dengan kawanmu.

Tons of Humourness!


Apa yang sebenarnya membuat game ini sangat menarik? PARODI dan HUMOR! Banyak sekali referensi yang disisipkan dalam game ini yang pastinya akan membuatmu tercengang akan kegilaan game ini. Langsung saja lihat screenshot yang sempat penulis abadikan.







Last Words



Bagi yang bosan dengan survival mainstream ala DayZ dan ingin sesuatu dengan bumbu humor didalamnya, kamu bisa mencoba Organ Trail Director's Cut ini.

Pros
1. Sensasi retro yang akan membuatmu bernostalgia
2. Lots of parodies and humours!
3. Mekanisme sederhana dan tidak muluk

Cons
1. Plot cerita terlalu sederhana dan tidak kuat

 Organ Trail: Director's Cut on Steam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar