Selasa, 14 Oktober 2014

Nusakana "RPG Nuansa Tropis Karya Anak Bangsa!"


Yuhuu! Penulis balik lagi nih setelah dua minggu gak muncul. Ujian Tengah Semester, bimibingan belajar, serta tugas-tugas menyerbu jam kosong penulis dan malam ini adalah waktu yang tepat untuk menulis artikel, hehe.

Kali ini penulis ingin membahas topik yang agak berbeda dari biasanya. Artikel ini berisi tentang sebuah game RPG unik bernuansa tropis yang merupakan karya developer indie lokal, Namaapa Studio, yaitu Nusakana.


Nusakana merupakan sebuah game RPG open world bernuansa Tropis, dimana player diberi kebebasan penuh dalam menentukan ceritanya sendiri, tidak terkekang linearitas cerita seperti kebanyakan RPG lainnya. Uniknya game ini menggabungkan antara elemen J-RPG, seperti art style yang diadopsi dan W-RPG, seperti non-linear story dan kebebasan bereksplorasi. Faktanya, pada awal pengembangan game yang terinspirasi oleh Harvest Moon, River King, dan Fisherman's Bait ini merupakan game fishing, namun sang developer berubah pikiran sehingga jadilah game RPG open world Nusakana ini. Hm, breakout yang benar-benar breakout (apaan sih).

Berceritakan tentang seorang pemancing sekaligus petualang yang menuju pulau kecil bernama Nusakana. Sebuah pulau terkenal yang menjadi spot para turis serta menyimpan kekayaan alam serta rahasia yang belum terungkap. Pulau Nusakana juga dibangun oleh kekuatan magis, sumber daya yang bersumber pada Mana. Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apa tujuanmu di Nusakana ini? Cuma kamu yang bisa menentukan.

Banyak fiturnya yang sudah diimplementasikan dalam game ini dan menurut penulis fitur-fiturnya terbilang unik dan beda untuk game sekelas game RPG Maker. Dengan mengusung 'Fishing' sebagai fitur utama, Nusakana menghadirkan sensasi memancing yang berbeda. Setiap jenis ikan memiliki kelakuan yang berbeda, player juga harus mencari umpan dan kail yang cocok, serta spot untuk menangkap ikan. Selain itu ada fitur dinamisme dalam waktu dan dialog karakter. Dengan fitur tersebut pemain lebih santai dalam bermain, time system dibuat dengan dinamis, tidak terpaku dengan jalannya waktu di dunia nyata. Jadi pemain bisa lebih menikmati permainan tanpa harus khawatir dikejar oleh waktu. Sistem crafting dan survival juga diterapkan, menambah nilai untuk game ini.


Rencananya game ini akan dirilis pada Q1 2015. Bagi yang tertarik untuk mengikuti informasi mengenai game Nusakana ini bisa mengikuti devblognya disini. Juga bagi yang ingin mengetahui game ini lebih dalam, bisa melihat-lihat di website resminya.

UPDATE

Sekarang Nusakana ada di Greenlight! Mohon bantuannya untuk di Upvote! :D

3 komentar:

  1. kenapa karakternya masih kejepang jepangan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaptasi artnya Jepang emang sedangkan gameplaynya adaptasi Western hehe.

      Hapus
  2. Maklum gan, budaya sini kalah bersaing sama luar negeri :'I

    BalasHapus